Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

ASI untuk Bayi

Posted by anurachman pada Juli 17, 2009

Menyusui merupakan kewajiban bagi setiap ibu yang baru melahirkan bayinya. Karena ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, yang mengandung nutrisi dan zat-zat bergizi yang sangat penting dan berguna untuk pertumbuhan bayi. Belum ada susu formula yang mutunya bisa menyamai air susu ibu. Namun, bagaimana bila air susu tidak mau keluar setelah melahirkan?

Seorang ibu yang baru melahirkan anak pertama biasanya takut menyusui bayinya. Entah karena belum terbiasa ataupun adanya kekhawatiran bentuk payudaranya akan berubah. Secara tidak sadar, justru hal itulah yang menjadi penyebab alami tidak keluarnya air susu. Ada baiknya rasa takut ketika akan menyusui dibuang jauh-jauh, karena bayi lebih baik disusui dengan ASI. Menyusui atau tidak menyusui semua ibu yang sudah melahirkan anak maka akan terjadi perubahan pada payudaranya. Jadi, sebisa mungkin menghindari stress ketika menyusui.

Ibu menyusui bisa mengusahakan agar air susunya keluar dan banyak. Caranya yaitu dengan memakan sayur/daun-daunan seperti daun katuk, daun bayam, daun papaya muda, serta kacang-kacangan.   Selain itu perbanyak juga makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, keju. Bahkan tahu dan tempe juga bagus dan mengandung banyak protein.

ASI yang sering diberikan kepada bayi akan dapat membuat ASI tersebut keluar banyak. Oleh karena itu, sering-seringlah memberikannya kepada bayi. ASI yang tidak keluar/sedikit juga bisa distimulus dengan pompa ASI agar keluar. Seelain itu, sering-seringlahj memijat payudara terutama ketika mandi atau sebelum memompa ASI. Yang terakhir, perbanyaklah istirahat, makanan bergizi, dan minum air putih.

www.sekeluarga.com

Satu Tanggapan to “ASI untuk Bayi”

  1. salimrambe said

    oke juga tuh bu makasih yooo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: