Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Tips Memandikan Anak Bayi

Posted by anurachman pada Juni 24, 2009

Ditulis oleh:  ai (sekeluarga.com)

Mandi adalah suatu kebutuhan manusia yang sangat bermanfaat bagi kebersihan dan kesehatan. Maka ada baiknya apabila seseorang memiliki kebiasaan mandi yang benar sejak masih kanak-kanak. Bahkan orangtua pun dapat membiasakannya pada anak bayi. Kebiasaan mandi yang benar akan menghasilkan kesehatan yang bagus pula. Pada umumnya anak kecil menyukai air. Begitu pula anak bayi. Jika sedang dimandikan, anak bayi merasa senang, tertawa, dan bermain dengan air. Namun ada pula anak bayi yang takut dan menangis ketika dimandikan. Ibu yang memandikan harus berusaha ekstra memandikannya karena bayinya meronta. Terlebih jika anak bayi baru lahir, tak jarang ibu yang panik dan takut memandikan bayinya. Berikut ini beberapa tips memandikan anak bayi yang aman dan menyenangkan:

  • Mandikan bayi Anda dengan air hangat, jangan air panas. Air yang terlalu panas akan memabakar kulit anak bayi, sedangkan bila terlalu dingin akan menkutkannya serta beresiko terserang flu.
  • Gunakan bak mandi yang aman dan nyaman untuk anak bayi. Bisa pula dengan menambahkan alas yang lunak pada bak tersebut. Memegang anak bayi ketika mandi hendaknya selalu berhati-hati, karena tubuh bayi licin saat terkena air, apalagi biala bayinya lincah.  Anda harus kuat memegangnya namun tetap dengan kelembutan.
  • Agar lebih menyenangkan, Anda dapat memberikan mainan saat mandi, seperti bebek atau boneka plastik yang bisa mengapung di bak mandi.
  • Pada saat mandi, ajaklah bayi bicara atau mengobrol. Meski ia tak mengerti apa yang Anda ucapkan, anak bayi akan merasa aman dan senang akan perhatian Anda yang penuh kasih sayang dan kelembutan.
  • Selain mengobrol, Anda juga bisa bernyanyi. Biasanya anak-anak suka bernyanyi. Bernyanyi saat mandi tentunya dapat menambah keriangan anak dan diharapkan anak menyukai prosesi mandi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: