Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Puasa Arafah

Posted by anurachman pada Mei 7, 2009

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang harus dipenuhi oleh umat muslim. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat keringanan yang diberikan Allah bagi umat muslim. Hanya orang-orang yang mampu, baik secara materi maupun rohani yan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Bagi orang yang tidak mampu, tidak perlu memaksakan untuk melaksanakan ibadah haji.

Salah satu rukun dari ibadah haji adalah wukuf di padang Arafah. Bahkan, rasulullah Muhammad saw mnyatakan bahwa wukuf di padang Arafah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah haji. Dan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk melakukan puasa, yang kita kenal dengan nama Puasa Arafah.

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, seiring dengan dilaksanakannya wukuf di Padang Arafah oleh umat muslim yang melaksanakan ibadah haji. Puasa Arafah ini disunnahkan untuk umat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji. Sedangkan bagi yang melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk tidak melaksanakan puasa Arafah.

Kelebihan Puasa Afarah

Terdapat beberapa hadist yang menjelaskan tentang keutamaan puasa Arafah. Hadist tersebut diantaranya adalah:

Rasulullah s.a.w. bersabda; “Berpuasa pada hari Arafah menghapuskan dosanya setahun sebelum dan setahun sesudahnya”. (Riwayat Imam Muslim)

Dari Abi Qatadah ra Baginda Rasulullah s.a.w. bersabda: Berpuasa pada hari Arafah, sesungguhnya aku mengharapkan dari Allah agar dihapuskan dosa selama satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya.

Dari Abi Qatadah r.a., ia berkata Rasulullah Saw. telah bersabda: “Puasa hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang.” (Riwayat Jama’ah kecuali Bukhari dan Tarmidzi)

Dari hadist tersebut, terlihat dengan jelas bahwa puasa Arafah akan menghapuskan dosa setahun sebelum dan setahun sesudahnya. Dosa yang dimaksud (untuk dihapuskan) bukanlah dosa besar, namun dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh umat muslim. Namun, beberapa ulama berpendapat bahwa umat muslim yang dihapuskan dosanya adalah mereka yang tidak pernah melakukan dosa besar. Sedangkan mereka yang melakukan dosa besar, dosa-dosa kecilnya tidak dapat terhapus, sebelum ia melakukan taubatan nassuha.
Wallahu alam bishshawab

5 Tanggapan to “Puasa Arafah”

  1. Islam adalah agama yang syamil dimana sisi kehidupan manusia semua dah di atur sesuai dengan syariat.

  2. Mochammad Sobri said

    Assalamu ‘alaikum,

    Saya mohon informasinya mengenai do’a atau niat berpuasa arafah atau puasa yang biasa dilakukan di bulan Haji.

    Terima kasih,

    Wassalam,

    Mochammad Sobri

  3. i u n said

    Asslamu ‘alaikum… Saya mau tanya, apa hukumnya onani & apa kerugiannya. Bgaimana cra mncegahnya.
    Trims
    Wasslm…

  4. afif said

    rugi lho bg yg mampu tpi g puasa. cm 1 thn skali. . .

  5. sufyan said

    beritahu yang lain d skitar qt utk puasa arofah pd tanggal 9 dzulhijjah tahun ini, pahala loo.. jika org lain ikut puasa juga krn perantaraan qt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: