Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Takut Kepada Allah

Posted by anurachman pada Mei 2, 2009

Sudahkah kita merasa takut kepada Allah? apa saja tanda-tanda yang menunjukkan seseorang itu takut kepada Allah?

Abu Laits menyatakan bahwa terdapat tujuh tanda yang menunjukkan bahwa seseorang itu takut kepada Allah. Tanda-tanda yang menunjukkan takutnya seorang hamba kepada Allah adalah:

  1. Ia memiliki lidah yang selalu  berdzikir dan bertasbih kepada Allah dengan membaca Al-Qur’an dan mempelajari ilmu agama.
  2. Ia memiliki hati yang tidak terdapat di dalamnya perasaan bermusuhan, iri, dengki dan lain sebagainya.
  3. Penglihatannya tidak digunakan untuk melihat apa-apa yang diharamkan Allah SWT. Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Barang siapa memenuhi matanya dengan hal-hal yang haram, Allah SWT akan memenuhi matanya besok di hari kiamat dengan api neraka”.
  4. Tidak memakan makanan yang diharamkan Allah SWT, sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW: “Ketika sesuap makanan haram masuk dalam perut anak cucu Adam, semua malaikat di bumi dan di langit membenci dan melaknat kepadanya, selama suapan itu masih berada dalam perutnya dan kalau ia mati dalam keadaan seperti itu, maka tempatnya adalah jahanam.
  5. Tangannya tidak digunakan untuk melakukan tindakan yang dilarang Allah SWT.
  6. Kakinya tidak digunakan untuk berjalan kepada hal-hal yang haram atau ke dalam kemaksiatan, tetapi berjalan di jalan Allah SWT.
  7. Ketaatannya murni dan ikhlas karena Allah SWT.

Amaliah-amaliah yang tersebut diatas, memang tidak mudah untuk dilaksanakan, tetapi bagi orang-orang yang benar-benar mengharapkan kebahagiaan yang abadi di akhirat kelak, beban berat yang mesti dilaksanakan itu bukan lagi menjadi persoalan, meskipun ia harus merangkak sedikit demi sedikit.

Dengan memenuhi perintah Allah SWT, tentu kita akan senantiasa mengoreksi diri, apa kekurangan kita? Apa kesalahan kita? Dan kapan kita memperbaiki diri? Kapan kita berbuat amal kebajikan? Kapan kita beramal sholeh?.

Sayyidina Umar bin Khattab Radiallahu ‘anhu pernah menyatakan:

“Hisabilah diri kalian atau adakanlah perhitungan pada diri kalian sebelum kalian di hisab”.

Sekali lagi marilah kita adakan perhitungan, sudahkah kita penuhi perintah-perintah Allah? Dan sudahkah kita menjauhi larangan-laranganNya? Apakah kita termasuk dalam golongan orang-orang yang takut kepada Allah SWT?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: