Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Cara Memandikan Bayi

Posted by anurachman pada Mei 2, 2009

Kehadiran bayi dalam kehidupan rumah tangga merupakan anugerah terindah yang tidak tergantikan oleh apapun juga. Bahkan harta benda yang ada di dunia tidak akan mampu menggantikan sesosok bayi mungil yang menyemarakkan kehidupan rumah tangga. Karena itu, orang tua akan berupaya dengan segala cara untuk menjaga dan merawat bayinya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang.

Salah satu bentuk perawatan terhadap bayi adalah dengan menjaga selalu kebersihannya. Menjaga kebersihan bayi dapat dilakukan salah satunya dengan memandikannya. Namun biasanya seorang ibu baru, terlebih lagi yang baru pertama kali mempunyai bayi, akan merasa “kaku” untuk memandikan bayi mungilnya. Para ibu baru tersebut khawatir akan melakukan kesalahan dalam memandikan bayinya. Sebenarnya perasaan ini dapat dibuang jauh-jauh, jika ibu tahu tekniknya, dan terus belajar dari orang lain yang lebih pengalaman. Terlebih lagi, dengan memandikan bayi, hubungan emosional ibu dan bayi akan semakin bertambah.

Ada beberapa teknik memandikan bayi yang dapat dilakukan oleh para ibu. Salah satu teknik tersebut akan kami jabarkan di sini. Teknik memandikan bayi ini kami sadur dari booklet Milna.

Tuangkan air dingin ke dalam bak mandi, kemudian tambahkan air panas secukupnya sampai mencapai suhu 40 derajat Celsius untuk bayi berumur sampai 2 bulan, lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. Isilah bak mandi dengan air setinggi kira-kira 7,5 cm dari dasar bak.

Untuk bayi yang baru lahir, bersihkan terlebih dahulu kedua matanya dengan kapas yang telah direndam air matang. Bersihkan mata bayi dari ujung mata ke arah hidung, Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata.

Bersihkan pula lubang hidung si kecil secara perlahan-lahan dengan cotton buds yang telah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air bersih. Gantilah kapas untuk masing-masing lubang hidung. Hati-hati, jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam.

Kemudian bersihkan juga daun telinga si kecil dengan cotton buds yang telah diberi baby oil. Jangan masukkan cotton buds ke dalam lubang telinga, bersihkan bagian luar telinganya saja.

Sebelum membersihkan tubuhnya, bukalah baju bayi secara bertahap. Mula-mula bukalah baju bagian atas, baru kemudian popok atau celana bayi.
Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Bersihkan setiap lipatannya.

Kemudian mulailah menyabuni rambutnya serta seluruh badan bayi, terutama lipatan-lipatan kaki, paha, tangan serta lehernya dengan menggunakan sabun bayi.

Ukur kembali suhu air dalam bak mandi. Kemudian selipkan tangan kiri Anda ke bawah tengkuk si kecil, lalu pegang erat-erat ketiaknya. Sanggahlah tengkuk si kecil dengan pergelangan tangan Ibu, lalu pegang tubuhnya dengan tangan kanan Ibu.

Angkatlah si kecil dan masukkan ke dalam bak mandi. Sementara tangan kiri Anda menyangga kepala dan memegangi ketiaknya, tubuhnya sebagian terendam dalam air. Gunakan tangan kanan Ibu untuk membersihkan sabun di telinga, leher, dan seluruh badannya. Biarkan si kecil bermain dalam air selama sekitar 2-5 menit. Bila si kecil sudah cukup besar, berikan mainan kapal-kapalan atau bebek-bebekan agar acara mandi semakin menyenangkan.
Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya, balikkan badan si kecil, kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri Anda dan pegang erat-erat ketiaknya. Lalu dengan tangan kanan, bersihkanlah punggungnya.

Setelah acara mandi selesai, angkatlah tubuh si kecil dari dalam air, lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Sambil mengajaknya bercengkrama, keringkan tubuh bayi dengan cara menekan-nekankan handuk bayi ke tubuhnya.

Setelah tubuhnya kering, taburkan bedak bayi di dada, perut dan punggungnya, agar tubuhnya wangi dan segar. Perhatikan setiap lipatan dan lekukan khususnya di daerah kemaluaannya. Usapkan lipatan pada kemaluan si kecil dengan baby oil.

Terakhir, pakaikan popok dan baju bayi, lalu sisirlah rambutnya dengan sisir khusus untuk rambut bayi. Bila cuaca mengijinkan, ajakan si kecil jalan-jalan atau berjemur di bawah sinar matahari pagi.

3 Tanggapan to “Cara Memandikan Bayi”

  1. bidan Lita said

    mksh infox,mdh2n bs sy prktkkn dgn baik pda pasien sy.

  2. Admiral PP said

    Memang kalau habis membersihkan dengan kapas, kapasnya tidak boleh dibakar.
    Tolong dijawab ya!

  3. […] Adab Mandikan Bayi Baru Lahir Dengan Cara Betul – Bayi baru lahir adalah khalifah Allah yang baru menjengah dunia selepas sembilan bulan tinggal di alam rahim. Justeru ibu bapa yang beragama Islam mestilah menyambut kelahirannya mengikut cara yang dianjurkan oleh Islam. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: