Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Souvenir Pernikahan

Posted by anurachman pada April 30, 2009

Dalam pernikahan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pihak penyelenggara. Salah satu hal yang cukup penting adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan tamu undangan. Hal yang perlu dipersiapkan dalam kaitannya dengan kedatangan tamu undangan diantaranya adalah tempat duduk para tamu, buku tamu, meja penyambut beserta perlengkapannya, hidangan, dan yang tidak kalah penting adalah souvenir yang akan diberikan kepada tamu undangan.

Souvenir merupakan salah satu perangkat yang harus disiapkan oleh penyelenggara. Souvenir ini nantinya akan diberikan kepada para tamu yang datang memenuhi undangan yang telah disampaikan. Selain sebagai pelengkap, souvenir ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap para undangan yang telah menyempatkan waktu untuk memenuhi undangan tuan rumah.

Jika kita perhatikan, setiap pernikahan akan mencoba memberikan sesuatu yang berbeda sebagai souvenir. Dan kita juga dapat menemukan banyak jenis souvenir yang ada. Misalnya ada yang memberikan souvenir berupa pajangan/hiasan dinding, kipas kecil, bahkan yang paling umum, gantungan kunci.
Souvenir akan terasa “hebat” jika merupakan hasil kreativitas kita sendiri. Terlebih lagi jika apa yang kita berikan sebagai souvenit tersebut berguna bagi penerimanya. Berarti kreativitas kita telah dihargai dengan layak. Namun hal ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena dapat dibayangkan, berapa buah souvenir yang harus kita buat.

Jika kita ingin souvenir yang “instan”, kita dapat membelinya di toko-toko tertentu. Saat ini banyak toko yang menyediakan souvenir untuk pesta pernikahan. Selain praktis, kita juga dapat memilih jenis souvenir yang sesuai dengan keinginan dan anggaran kita. Sisi kepraktisannya membuat kita tidak perlu membuang banyak waktu untuk menyiapkan souvenir bagi para tamu.

Apapun souvenir yang kita siapkan, kita tidak boleh asal memilih souvenir. Ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan, agar souvenir kita berguna bagi penerimanya, sekaligus tidak merepotkan para tamu dalam membawanya. Hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memilih dan menyiapkan souvenir diantaranya adalah:

1.    Berguna

Saat kita menghadiri pesta pernikahan seseorang, kita tentu akan menerima dan membawa pulang souvenir dari tempat pesta tersebut. Seringkali souvenir tersebut tidak terpakai, sehingga hanya memenuhi tempat penyimpanan di rumah kita. Tentunya hal ini cukup menganggu, terlebih lagi jika kita termasuk orang yang memperhatikan estetika penataan ruang.

Karena itu, alangkah bainya jika souvenir yang akan kita berikan kepada tamu undangan adalah sesuatu yang bermanfaat. Jika kita memberikan souvenir yang memiliki manfaat, tentunya bukan hanya penerima yang senang, tapi kita juga akan merasakan kepuasan tersendiri, karena souvenir dari kita tidak akan menjadi “penghuni” tempat penyimpanan barang-barang yang tidak berguna, alias menjadi sampah.

2.    Berukuran kecil

Tidak semua hal benda yang berguna itu memiliki ukuran yang besar. Ada juga benda-benda berukuran kecil yang berguna bagi seseorang. Sebut saja misalnya dompet kecil, gunting kuku, dan lainnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua yang datang ke pesta pernikahan membawa tas yang sedang atau besar. Rata-rata para wanita menggunakan tas yang berukuran relative kecil. Bahkan para pria mana ada yang membawa tas saat ke pesta pernikahan? Souvenir yang berukuran besar akan merepotkan para tamu. Itulah yang harus dihindari, sehingga para tamu merasa nyaman saat bertandang ke pesta pernikahan.

3.    Berbentuk unik

Mainkanlah kreativitas anda di sini!!

Semakin unik bentuk sebuah souvenir, maka semakin menarik untuk dilihat. Dan penerimanya pun akan dengan senang hati memajang souvenir tersebut sebagai salah satu pajangan di rumahnya. Karena itu, buatlah, atau pilihlah, souvenir yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Jangan ragu untuk berkreasi.

4.    Dapat digunakan oleh pria dan wanita

Seringkali kita tidak memikirkan masalah “gender” pada saat memilih souvenir. Kita sering menganggap bahwa semua orang akan menerima souvenir dengan senang, baik itu pria maupun wanita. Benarkah demikian?

Sekarang misalnya kita memberikan souvenir berupa cermin kecil, apa yang akan dilakukan oleh tamu pria pada souvenir tersebut? Kalo dia punya pasangan, oke deh cermin itu untuk pasangannya, kalo dia jomblo……. Buat siapa cermin itu?

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita memilih souvenir yang dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita. Dengan demikian, siapa pun yang menerimanya tidak akan bingung mau dikemanakan souvenir itu.

5.    Berkualitas

Karena kesibukan kita, kita sering tidak meneliti kualitas dari souvenir yang kita siapkan. Akibatnya, souvenir tersebut jauh dari kualitas yang baik, sehingga mudah rusak atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Karena itu, kita harus meluangkan waktu kita untuk memastikan bahwa souvenir yang kita siapkan memiliki kualitas yang baik, paling tidak berkualitas standard.

6.    Tidak bersifat pribadi

Hindari untuk memberikan souvenir yag bersifat pribadi, atau membutuhkan keahlian khusus untuk dapat menggunakannya. Jangan sampai souvenir kita justru merepotkan orang-orang yang menerimanya.

7.    Gunakan “koneksi”

Jika kita memiliki kerabat atau teman yang mampu membuat atau menyediakan jenis souvenir tertentu, tidak ada salahnya kita meminta bantuannya. Tokh nanti souvenir ini akan kita bagikan kepada para tamu, sehingga semua hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk menyiapkannya.

Dengan memperthatikan hal-hal tersebut, maka kita dapat memilih souvenir pernikahan yang benar-benar berguna bagi yang menerimanya, sekaligus tidak “malu-maluin”. Selamat berburu souvenir…….

(dimuat di www.sekeluarga.com)

2 Tanggapan to “Souvenir Pernikahan”

  1. Kami menawarkan kerjasama souvenir pernikahan yang lucu unik dan murah di http://www.dani-craft.com Di situs tersebut anda bisa mendatkan berbagai macam souvenir dengan harga yang terjangkau dan dengan bentuk yang lucu-lucu. Anda juga bisa merequest bentuk souvenir yang sudah anda customize.

  2. Lovia Batik And Craft said

    Lovia Batik And Craft, menyediakan souvenir pernikahan murah dan berkualitas mulai dari Rp 1000, juga menerima pesanan membuat box hantaran, batik, dan kain lurik ATBM.

    Lokasi Solo dan Jakarta. Terima pengiriman lewat paket.

    berminat hubungi: 085219441110

    loviabatikandcraft@gmail.com (bisa chat)
    loviabatikandcraft@hotmail.com (bisa chat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: