Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Islam Indonesia

Posted by anurachman pada April 29, 2009

Penyebaran agama islam di bumi Indonesia tidak terlepas dari para pedagang dari tanah Arab. Merekalah yang membawa dan menyebarkan ajaran Islam ini. Namun penyebaran agama Islam yang mereka lakukan tidak mudah. Hal ini tidak terlepas dari kuatnya ajaran Hindu-Budha dan kepercayaan terhadap agama nenek moyang bangsa Indonesia. Terlebih lagi, pada saat itu banyak berdiri kerajaan yang beraliran Hindu/Budha.

Dengan semakin banyaknya pedagang dari dataran Arab yang datang dan bermukim di Indonesia, makin pesat pula penyebaran Islam di Indonesia. Selain berdagang, mereka juga memutuskan untuk menetap di Indonesia. Selain itu, mereka juga kemudian menikah dengan warga Indonesia, dan menyebarkan Islam melalui pernikahan tersebut.

Penyebaran Islam yang cukup pesat akhirnya menampilkan beberapa tokoh yang juga cukup berperan dalam perkembangan agama islam. Setiap daerah memiliki tokohnya masing-masing, yang dianggap berjasa dalam penyebaran ajaran islam. Untuk di pulau Jawa sendiri, siapa yang tidak kenal dengan Wali Songo. Mereka adalah orang-orang yang cukup berjasa dalam penyebaran Islam. Bahkan hingga saat ini, sepak terjang wali songo ini masih banyak diperbincangkan.

Pada awal penyebarannya, islam merupakan agama yang satu, utuh dan kuat. Tidak ada perpecahan yang terjadi dalam madsyarakat islam. Kerajaan Demak, sebagai pusat pemerintahan Islam di pulau Jawa saat itu cukup disegani. Namun sepertinya kesatuan islam pada masa lampau hanya tinggal kenangan.

Sekarang ini dengan mudah kita menemukan kelompok-kelompok masyarakat islam. Jika mereka bersatu dalam satu akidah, tentunya itu bukan persoalan. Namun yang terjadi adalah, masing-masing kelompok islam tersebut justru saling bersaing. Bahkan ada yang mengHALALkan darah kaum muslim yang lain, na’udzubillah…….

Kenapa umat islam di Indonesia tidak dapat bersatu? Bukankah mereka memiliki satu keyakinan yang sama, yang terangkum dalam kalimat syahadat “Asyhadu alla ilaaha ilallah Muhammad Rasulullah”? kapankah kita dapat melihat umat islam di Indonesia ini dapat hidup damai dan bersatu demi tegaknya Islam?

Wallahu alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: