Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Putra-Putri Nabi Muhammad saw

Posted by anurachman pada Juni 23, 2009

Ditulis Oleh ai (syahadat.com)

Dari dua belas wanita yang Rasulullah saw nikahi, hanya Khadijah binti Khuwalid dan Mariah Al-Qabtiyya yang memberi beliau keturunan. Pernikahan Nabi Muhammad saw dengan Khadijah dikaruniai tujuh orang anak, diantaranya tiga putra (Al Qasim, Abdullah, dan Tayyib) yang meninggal dunia sewaktu masih kecil dan empat putri (Zainab, Ruqayyah,Ummi Kaltsum, dan Fatimah).  Sedangkan dari pernikahan beliau dengan Mariah Al-Qabtiyya dikarunia seorang anak bernama Ibrahim yang meninggal sewaktu masih kecil.

Dengan demikian, jumlah anak Nabi Muhammad asaw dalah delapan orang, empat laki-laki yang kesemuanya meninggal sewakti masih kecil, serta empat wanita. Putranya yang bernama Ibrahim hanya hidup selama 18 bulan. Nabi saw menyaksikan ketika dia menghembuskan nafas yang terakhir sambil meneteskan air mata, beliau berkata “mata boleh meneteskan air, hati boleh bersedih, tapi kita tidak boleh mengucapkan kalimat yang tidak diridhoi Allah”.

Zainab binti Muhammad adalah putrid sulung Rasulullah saw.  Zainab dipersunting oleh Abul Ash bin Rabi’. Dia memeluk agama Islam dan ikut hijrah ke Madinah, sementara suaminya bertahan dalam agamanya di Mekah sampai dia tertawan dalam perang Badar. Di saat itu, Nabi Muhammad saw meminta kepadanya untuk menceraikan Zainab, lalu diceraikannya. Setelah dia masuk Islam, Rasulullah saw menikahkan mereka kembali. Zainab binti Muhammad wafat di tahun 8 H.

Ruqayyah dipersunting oleh Utbah bin Abu Lahab sewaktu Jahiliah. Setelah munculnya Islam dan turunnya ayat yang berarti “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.” (QS. al-Lahab : 1) dia langsung dicerai oleh suaminya atas perintah Abu Lahab. Dia memeluk Islam bersama ibunya. Kemudian dia dinikahi oleh Usman bin Affan dan ikut bersama suaminya hijrah ke Abessina (habasyah), kemudian mereka kembali dan menetap di Madinah dan seterusnya meninggal di kota itu pula. Sepeninggal Ruqayyah di tahun 2 H, adiknya yang bernama Ummi Kaltsum dinikahi oleh Usman bin Affan dan ikut berhijrah ke Madinah. Ummi Kaltsum wafat di tahun 9 H/639 M.

Putri bungsu Nabi Muhammad saw adalah Fatimah Az-Zahra. Fatimah adalah putri kesayangan Nabi Muhammad saw. Selain itu, ia juga merupakan seorang putri Nabi saw yang paling terkenal di dunia Islam. Ia menghabiskan masa kanak-kanaknya di Mekah sehingga mengalami secara langsung tekanan dan penyiksaan yang menimpa keluarganya, karena pada masa itu Nabi Muhammad saw baru memulai perjuangannya mensyiarkan Islam. Sedangkan masa remaja dan dewasanya, Fatimah tinggal di Madinah.

Fatimah binti Muhammad menikah dengan Ali bin Abu Thalib. Dari pernikahannya itu, dikaruniai lima orang keturunan, tiga putra (Hasan, Husein, dan Muhassin) dan dua putri (Ummi Kultsum dan Zainab). Fatimah adalah seorang wanita yang pintar dan ikut pula dalam perjuangan syiar Islam. Ia meninggal pada tahun 11 H.

About these ads

21 Tanggapan to “Putra-Putri Nabi Muhammad saw”

  1. IKWAN said

    syukron

  2. salimrambe said

    SUBAHANALLOH

  3. melly said

    subhanalLoh keskuasaan Alloh yang memutus nasab rasuluLloh (garis keturunan dari anak laki2 Rasul)..

  4. raissa said

    subhanalloh,,,
    :))

  5. desmalinda said

    jazakumullah

  6. Ahmad supian said

    Semoga berguna

  7. Ahmad supian said

    Alhamdulillah ?

  8. azza said

    slalu diingat yaaaa !

  9. khansa nurul ghaisany said

    Jazakumullah khoiru jaza

  10. leo said

    hidup sesuka hati mu, tapi ingat kamu pasti akan mati. kamu boleh mencintai apa saja yang kamu cintai tapi ingat suatu ketika apa yang kamu cintai akan kamu lepaskan,amal lah sesuka hatimu tapi ingat ALLAH akan membalasnya.

  11. Ego sa.dewo said

    Ij.al na wa duriyatina min tsulusi ummati muh.
    Andai,q mglami msa khdupan beliua, q,ta kalah dg haidar.

  12. Butet Siregar said

    jzk..:)

  13. keliru said

    tidak pernah dgr ank lelaki nabi nma tayib… yg belajar dn dlm kitab2 cuma sbut nma abdullah, ibrahim, qasim

  14. Daddy said

    DzadzakomuLLOH…

  15. Abdul Hakim said

    Mau tanya dong: di antara ketujuh anak Nabi SAW, siapa saja yang anak kandung?

  16. AGUS RAY NATA said

    SUBHANALLAH

  17. […] Sumber: http://anurachman.wordpress.com/2009/06/23/putra-putri-nabi-muhammad-saw/ […]

  18. Rusen said

    Subhanallah btpa bhgiax rosulullah saw sehingga mmpunyai ank sprti sitti fatimah az zahra

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: