Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Larangan Pacaran

Posted by anurachman pada Mei 27, 2009

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan sesuatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra [17] : 32).

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS. An Nur : 30)

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An Nur : 31)

“Janganlah kau terlalu lembut bicara supaya [lawan-jenis] yang lemah hatinya tidak bangkit nafsu [syahwat]-nya.” (QS al-Ahzab [33]: 32)

Dari Ibnu Abbas r.a. dikatakan: Tidak ada yang kuperhitungkan lebih menjelaskan tentang dosa-dosa kecil daripada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Allah telah menentukan bagi anak Adam bagiannya dari zina yang pasti dia lakukan. Zinanya mata adalah melihat [dengan syahwat], zinanya lidah adalah mengucapkan [dengan syahwat], zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan [pemenuhan nafsu syahwat], maka farji (kemaluan) yang membenarkan atau mendustakannya…” (HR. Bukhari & Muslim)

“Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya.” (HR. Bukhori dan Muslim)

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah seorang laki-laki sendirian dengan seorang wanita yang tidak disertai mahramnya. Karena sesungguhnya yang ketiganya adalah syaitan.” (HR. Ahmad).

“Seandainya kepala seseorang ditusuk dengan jarum besi, itu lebih baik dari pada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HASAN, Thabrani dalam Mu`jam Kabir 20/174/386)

“Demi Allah, tangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam tidak pernah menyentuh tangan wanita sama sekali meskipun dalam keadaan membai’at. Beliau tidak memba’iat mereka kecuali dengan mangatakan: “Saya ba’iat kalian.” (HR. Bukhori)

“Sesungguhnya saya tidak berjabat tangan dengan wanita.” (HR. Malik , Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Telah berkata Aisyah ra, “Demi Allah, sekali-kali dia (Rasul) tidak pernah menyentuh tangan wanita (bukan mahram) melainkan dia hanya membai’atnya (mengambil janji) dengan perkataaan.” (HR. Bukhari dan Ibnu Majah).

“Wahai Ali, janganlah engkau meneruskan pandangan haram (yang tidak sengaja) dengan pandangan yang lain. Karena pandangan yang pertama mubah untukmu. Namun yang kedua adalah haram” (HR. Abu Dawud , At-Tirmidzi dan dihasankan oleh Al-Albani)

“Pandangan itu adalah panah beracun dari panah-panah iblis. Maka barangsiapa yang memalingkan pandangannya dari kecantikan seorang wanita, ikhlas karena Allah, maka Allah akan memberikan di hatinya kelezatan sampai pada hari? Kiamat.”(HR. Ahmad)

Dari Jarir bin Abdullah r.a. dikatakan: “Aku bertanya kepada Rasulullah saw. tentang memandang [lawan-jenis] yang [membangkitkan syahwat] tanpa disengaja. Lalu beliau memerintahkan aku mengalihkan pandanganku.” (HR. Muslim)

Dikutip dari www.syahadat.com

About these ads

15 Tanggapan to “Larangan Pacaran”

  1. Arie said

    As.Tlong krim dong ke almt email sy tausiah tentang mendidik anak jaman sekarang,sukran hair !!

  2. Antarkan saja mereka ke pasantren yg mngajarkn ilmu tntang islam bkan umum dan ajarkn mreka agar slalu ta’at kpd Allah S.W.T

  3. bimo said

    pacaran dalam isam hukumnya apa ?

    • suri said

      dalam islam tidak ada dn tdak mngenal yang namnya couple atau pacran .
      allah telah mlarang,a dlam Q.s al-isra’ ayat 32.
      dan hukum nya itu haram .

  4. Tiya said

    sukron atas postingannx..
    kalau bgini saya jd lbh mudah menerangkan kpda tmn saya tntang larangan pacaran…

  5. Marthy sypoetrimacassartt tobadak said

    Smoga yg bca bsa sdar btapa tdk blehx i2 pcrn

  6. endang said

    Tpi,mnurut saya lbh dr 90% org jaman skrg tdk menghiraukn hadist ini..
    Mrk cenderung mlakukn ap yg dlarng agma…

  7. curly said

    pacaran itu g’ da gunanyyyyyyyyyyy

  8. Mreka trlalu mmbwa nafsu, shingga mreka bsa trjrmus olh lbang yg mreka buat sndri

  9. suryo said

    terima kasih atas info nya jdi bsa buat nyeramahin tmen

  10. nanang said

    Asalammualaikum akhi ijin copyfaste larangan berpacaran, untuk pribadi dan kelurga terimakasih moga bermanfaat,

  11. aru pallaca . . said

    assalamu alaikum wr.wb; tlg krimkan ke alamat email saya

  12. irhas said

    Pacaran itu kan dosa.
    Tapi kalo kaya gini gimana.?
    Saya menyayangi seseorang dan orang itu pun menyayangi saya dan kami saling mempercayai,dan saya hanya menganggap seseorang itu adik saya bisa di katakan dia adik angkat saya,kami sudah setahun saling menyayangi seperti hal nya adik kaka..
    Jadi dalam setahun itu saya menganggap dia adik angkat saja dan saya tidak ada niat untuk memacarinya..
    Kalau begitu boleh” saja atau gimana.?
    Tolong di jawab ya..

  13. Hafidz Sanjaya said

    Assalamu’alaikum…

    Alhamdulillah…. Terima kasih karena telah memberikan berita yang begitu baik, jajakallahu khoiran khatsiran….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: