Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Sholat Sunnah Wudhu

Posted by anurachman pada Mei 11, 2009

Salah satu jenis sholat yang disunahkan untuk dikerjakan oleh umat Islam adalah sholat sunnah wudhu. Sholat sunnah yang terdiri dari dua rakaat ini dikerjakan setelah berwudhu. Sholat sunnah wudhu juga biasa disebut dengan sholat syukrul wudhu.

Sholat sunnah wudhu merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang sangat mudah dan ringan untuk dikerjakan. Sholat ini hanya terdiri dari dua rakaat dan dapat dikerjakan kapanpun setelah mengambil wudhu, di luar waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat.

Setelah berwudhu dan membaca doa setelah wudhu sebagai berikut;

“Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdauu laa syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alnii minat-tawwaabiina waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin.”

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh.”

Kemudian berniat di dalam hati untuk mengerjakan sholat sunnah wudhu. Seperti halnya sholat sunnah yang lain, pada rakaat pertama membaca surat Al fatihah dan dilanjutkan dengan surat yang lain (yang dihafal), begitu juga pada rakaat yang kedua.

Sholat sunnah wudhu adalah salah satu jenis sholat sunnah yang sangat mudah dan ringan, karena hanya terdiri atas dua rakaat saja. Meskipun demikian, ternyata keringanan dan kemudahan itu justru membuat kebanyakan umat muslim enggan dan telah mengabaikan sholat sunnah tersebut. Padahal, barang siapa yang senantiasa mendawankan sholat sunnah wudhu dengan ikhlas, insya Allah akan mendapatkan ganjaran yang besar dari Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah saw berikut:

“Rasulullah berkata kepada Bilal: Ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam Islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga? Bilal menjawab: Tidak ada amal ibadah yang paling kuharapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka” . (HR  Bukhari)

Wahai para muslim, sholat adalah tiangnya agama, dan sholat sunnah adalah penyempurna bagi sholat fardhu. Dan tidak ada amalan seberat zarrah pun, baik itu buruk maupun baik, Allah swt pasti akan memberikan balasan-Nya. Untuk itu, marilah kita mulai untuk sama-sama membiasakan mengerjakan sholat sunnah wudhu dengan ikhlas dan penuh harap atas rahmat dan ampunan Allah swt.

Demikian

Wallahua’lam

About these ads

Satu Tanggapan to “Sholat Sunnah Wudhu”

  1. suci said

    shalat sunnah wudhu bisa di sebut sholat sunnah yang muthlaq gak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: