Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Suami Dambaan Istri

Posted by anurachman pada Mei 8, 2009

Seubuah keluarga inti terdiri dari suami, istri, dan anak-anak sebagai buah pernikahan. Untuk mewujudkan sebuah keluarga yang bahagia, masing-masing anggota keluarga harus memahami apa peran dan fungsinya dalam keluarga tersebut. Selain itu, suami dan istri harus dapat mewujudkan diri sebagai orang yang “terbaik” di mata pasangannya.

Seorang istri tentunya mendambakan suami yang baik, penuh pengertian, dan mampu memimpn keluarganya untuk mewujudkan keluarga yang bahagia. Kriteria suami dambaan istri itu berbeda-beda, tergantung dari istri tersebut. Namun secara umum, ada beberapa criteria penting yang dapat direnungkan oleh para suami, agar dirinya menjadi sumi dambaan istrinya. Hal hal tersebut diantaranya adalah:

1.    Penuh pengertian

Sesuai dengan kodratnya sebagai seorang wanita, istri adalah sosok yang haus akan kasih sayang dan perhatian. Semandiri apapun ia, tetaplah ia mengharapkan perhatian dari sang suami. Baginya, perhatian dari seorang suami merupakan salah satu tanda akan rasa cinta suami kepada dirinya.

Seorang suami yang baik harus dapat memberikan perhatian kepada istrinya. Perhatian itu dapat diberikan melalui berbagai cara. Ada suami yang mengungkapkan perasaan sayang dan perhatiannya lewat hadiah-hadiah kecil, ada juga yang menggunakan cara lain untuk menunjukkan perhatiannya pada sang istri. Apapun cara yang dipgunakan, perhatian suami sangat penting dan diharapkan oleh istrinya.

2.    Setia

Siapa orang yang tidak ingin memiliki pasangan hidup yang setia? Saya yakin jawabannya adalah TIDAK ADA. Ya… tidak ada satu orangpun di dunia ini yang tidak ingin memiliki pasangan hidup yang setia. Karena kesetiaan merupakan salah satu bentuk dari sebuah perasaan cinta yang hakiki.

Seorang istri ingin cinta suami itu hanya untuknya. Karenanya kecemburuan adalah bagian dari cinta. Sapaan sayang di tengah kesibukan, walaupun hanya satu dua menit kata-kata yang disampaikan lewat telepon, walaupun hanya satu dua kalimat SMS, akan menjadi pengokoh kepercayaan. Hadiah yang diberikan: martabak kesukaannya, seikat bunga, atau sebuah jam tangan yang manis akan menguatkan cinta. Dan mengingat hari ulang tahun serta hari pernikahan akan menjadi bukti kesetiaan suami yang disukai seorang istri.

3.    Sabar dan pemaaf

Seorang istri akan amat bersyukur jika suaminya mau menerima dirinya apa adanya. Suaminya mampu memaafkan dan bersabar atas kekurangan yang ada pada dirinya. Ia butuh waktu untuk membina dirinya. Ia bahkan butuh waktu untuk memahami dirinya sendiri, ketika satu ketika ia tidak menjadi dirinya sendiri.Seorang istri perlu mendapatkan nasihat, akan tetapi itu dilakukan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

4.    Teguh hati dan bersemangat

Seorang istri senang melihat suaminya senantiasa berteguh hati dan bersemangat dalam menyelesaikan berbagai tugas dan amanah. Ia senang suaminya dapat senantiasa prima menunaikan tugas-tugas di luar rumah dan sekaligus membantu menyelesaikan permasalahan di rumah. Karenanya seorang istri senang melihat suaminya akrab bercengkrama, bermain dengan anak-anaknya. Dan saat suami sesekali memasak untuk keluarga, ada sentuhan hangat menyentuh relung jiwa seorang istri.

5.    Romantis

Seorang wanita sangat senang jika menerima sesuatu yang bersifat romantis. Meskipun (mungkin) di depan kita ia bersikap biasa saja, namun dalam hatinya ia akan merasa senang, karena menerima hal-hal yang bersifat romantis. Begitu juga halnya dengan istri kita. Seorang istri tentunya akan merasa senang jika sang suami mampu bersikap romantic, terlebih lagi jika dikeseharian sang suami terkesan “kasar”.

Ekspresi cinta dan sayang dari suami yang benuansa romantis akan dapat membuat rasa sayang istri bertambah. Ia akan merasa bangga (apalagi dihadapan teman-temannya) jika memiliki suami yang romantis. Sikap romantis suami dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Semua itu tergantung dari kreativitas suami dalam mengekspresikan perasaan cinta dan sayangnya kepada sang istri.

6.    Rapi dan wangi

Seorang istri suka suaminya rapi. Rapi menata rambut dan rapi berpakaian, bahkan dalam suasana santai. Kerapian yang disukai adalah kerapian yang alami dan melekat dalam kehidupan suami.Sikap suami yang kooperatif dalam menjaga kerapian rumah juga disukai seorang istri. Karenanya ketika seorang suami berinisiatif menyapu ruang tengah, membersihkan kompor di dapur, atau membersihkan kamar tidur dengan membongkar tempat tidur secara rutin, ada apresiasi tersendiri dari seorang istri.Rapi, bersih dan wangi pada seorang suami membuat istrinya senang. Seorang suami bisa meminta istrinya memilihkan minyak wangi baginya. Ia akan terbantu menyempurnakan penampilan bagi istrinya.

7.    Ceria dan ramah

Suami yang selalu ceria dan ramah menjadi salah satu dambaan sang istri. Senyum dan keramahan suami laksana angin sejuk di tengah berbagai kelelahan setelah istri disibukkan dengan urusan rumah tangga. Perhatikanlah, ia mesti terus memperhatikan anaknya yang terus bergerak kesana kemari, bereksplorasi ketika mulai bisa merangkak. Dan saat si anak lelah tertidur, ia mesti bersiap-siap memasak dan merapikan rumah bagi suaminya yang sebentar lagi pulang. Senyum dan sapaan sayang suami akan menjadi hiburan jiwa bagi sang istri. Sikap humoris juga amat membantu seorang istri untuk selalu menjaga suasana riang hatinya. Ini semua akan membantunya untuk terus bersabar dan ikhlas dalam menunaikan tugas-tugasnya.

8.    Menjadi pemimpin yang melindungi

Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Setiap anggota keluarga sebaiknya mematuhi pemimpin keluarga tersebut. Namun, pemimpin seperti apakah yang didambakan oleh seorang istri? Yang dibutuhkan dan didambakan oleh seorang istri adalah suami yang mampu menjadi pemimpin dan pelindung keluarganya. Kepemimpinan yang ia harapkan adalah yang senantiasa menentramkan jiwanya, mengokohkan ruhaninya, memberikan pencerahan demi pencerahan pada akalnya dan membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya. Kepemimpinan yang ia sukai adalah yang memadukan ketegasan dan kelembutan. Yang menebarkan cinta, bukan membuat takut.

Karena itu, jadilah suami yang mampu memimpin keluarga dengan arif, bijak, dan mampu melindungi keluarganya dalam segala hal. Suami dambaan istri adalah suami yang benar-benar menjadi pemimpin, bukan suami yang menjadi boss.

(sumber: http://www.baitijannati.wordpress.com)

About these ads

5 Tanggapan to “Suami Dambaan Istri”

  1. mr.bndr4tz said

    insya4w1..

  2. Habibty said

    Subkhanallah walkhamdulillah……….
    Ya Allah terima kasih karena suamiku benar2 seperti yang digambarkan di atas

  3. Amazing! itulah harapanku…..

  4. aku akan berusaha ya istriku,……….

  5. mama rava said

    Smg suami hamba bs spt yg tersbt di atas, آمِّيْنَ يا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: