Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Sholat Tahajud

Posted by anurachman pada Mei 6, 2009

Salah satu sholat sunnah yang memiliki nilai yang tinggi di mata Allah (insya Allah) adalah sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari, setelah bangun tidur. Pelaksanaan sholat tahajud ini akan bernilai lebih jika dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir.

Sebelum perintah sholat lima waktu turun, Rasulullah Muhammad saw pernah memerintahkan para pengikutnya untuk melakukan sholat tahajud. Hal ini tersirat dalam beberapa hadist:

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda : “ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW : “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Selain itu, Allah sendiri juga berfirman: “ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (QS : Al-Isro’ : 79)

Dalam hadist lain juga diterangkan mengenai jumlah rakaat pada pelaksanaan sholat tahajud. Pada dasarnya, jumlah rakaat sholat tahajud tidak dibatasi jumlahnya, dengan jumlah minimal 2 rakaat. Sedangkan dalam keterangan Said ibnu Yazib ra, Rasulullah Muhammad saw melakukan sholat tahajud dengan jumlah 13 rakaat, dengan perincian 2 rakaat sholat iftitah, 8 rakaat sholat tahajud, dan ditutup dengan 3 rakaat sholat witir.

Keutamaan Sholat Tahajud

Berdasarkan hadist Rasulullah Muhammad saw, sholat tahajud memiliki 9 keutamaan, yang terbagi menjadi 5 keutamaan di dunia dan 4 keutamaan di akhirat kelak. Hadist yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud adalah: “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun 5 keutamaan sholat tahajud di dunia adalah:

  • Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  • Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
  • Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
  • Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
  • Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Selain 5 keutamaan di dunia, sholat tahajud juga memiliki 4 keutamaan di akhirat kelak. Keutamaan sholat tahajud di akhirat kelak adalah:

  • Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
  • Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
  • Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
  • Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Tata Cara Sholat Tahajjud

Pada dasarnya, gerakan atau tata cara sholat tahajud pun tidak berbeda dengan sholat-sholat sunnah yang lain: berwudhu, niat melakukan sholat sunnah tahajud, kemudian melakukan gerakan sholat seperti biasa mulai dari takbir hingga salam. Biasanya selalu dilakukan dengan 2 rokaat-2 rokaat (setiap 2 rokaat salam). Pada rokaat pertama setelah takbir membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjjutkan dengan surah lainnya. Pada rokaat kedua pun sama, membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surah lainnya (yang kita hafal).

Perbedaannya hanyalah terletak pada niatnya saja. Karena untuk mengerjakan sholat tahajud tentu saja niatnya adalah mengerjakan sholat tahajud, bukan niat untuk mengerjakan sholat yang lain.

Jadi berkaitan dengan pertanyaan “bagaimana niat sholat tahajud?”, maka jawabannya adalah berniat di dalam hati untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud. Sedangkan masalah “Lafadz niatnya”, hal itu tidak ditentukan, karena tidak ada dalil yang memperkuat atau menerangkannya.

Setelah selesai mengerjakan shalat Tahajjud, perbanyaklah membaca istigfar dan
dzikir kepada Allah SWT serta memohon kepada-Nya, kemudian membaca doa
sebagai berikut (atau doa yang sesuai dengan keinginan kita):

“Bismillaahir rohmaanir roohiim.
Allahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna.
Walakal hamdu laka mulkus samaawati wal ardhi wa man fii hinna,
Walakal hamdu nuurus samaawaati wal ardh
walakal hamdu antal haqq
wa wa’dukal haqq
wa liqoo-u ka haqq
wa qowluka haqq
wal jannatu haqq
Wannaaru haqq
wan nabiyyuna haqq
wa muhammadun shallallaahu’alaihi wa sallama haqqun
was saa’atu haqqun.
Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu
wa’alayka tawakaltu wa ilayka anabtu
wa bika khooshomtu
wa ilayka haakamtu faghfirlii maa qoddamtu
wamaa akhkhortu wamaa asrortu
wamaa a’lantu antal maqoddimu wa antal mu-akhkhir
laa ilaaha illah anta
Laa ilaa ha ghoyruka walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim
Walhamdulillaahirobbil’aalamiin “

wallahu a’lam

www.syahadat.com

About these ads

19 Tanggapan to “Sholat Tahajud”

  1. Vivin said

    arti driyy do’a ituu ap eaa??
    kok gg dikasihh artinya??

  2. Inu said

    Iya dong,mana artinya ?

  3. amar muhammad said

    ijin copas untuk di beritakan ke manusia2 agar kembali ingat Allah ya.. ^^

  4. Trima kasih yah artikelnya sangat bermanfaat sekalii buat saya.
    klo bisa tolong ditambahin lagi artinya dari ayat diatas.
    terima kasih..

  5. ilin said

    jika shalat tahajjud itu dilakukan pada jam 3 malam, apakah masih bisa dikatakan shalat tahajjud??

  6. 2 rokaat boleh to?

    yah… kalo malez banget mending ngelakuin 2 rokaat dari pada tidak sama sekali

  7. ati 77 jkt said

    kasih dong sekalian artinya agar tambah khusu kita berdoanya

  8. didit ditya said

    Arti dari do’a diatas:

    “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta beserta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahay langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engakaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar, dan surga adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan Nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan ynag terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”

    semoga bermanfaat n bisa menambah pengetahuan bersama….
    Amin.

  9. retno said

    izin share ya…

  10. diva said

    bagaimana jika sholat tahajjud itu dikerjakan tanpa sempat tidur terlebih dahulu?
    apakah itu diperbolehkan?
    dan apakah sholat malamnya itu tetap sah?
    tolong informasinya ya,butuh buat nyelesaikan tugas,
    di email juga gak papa..
    makasih…

    • imron rosyadee said

      wktu saya baca buku,shalat yg dilakukan tanpa tidur tetep sah,akan tetapi bukan disebut shalat tahajud tetapi shalat sunah biasa,

  11. imron rosyadee said

    ya Allah mdhan hamba bsa shalat tahajud taip mlam…
    amin

  12. Alhamdulilah ahkirnya ada yang jelas..

  13. aden putra said

    ini dia yang dicari, makasih gan. Ente bantuin ana.

  14. Afin said

    Trim sangt brgna skali buatq

  15. tio said

    Jadi apabila kita melakukan shalat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu, apa hukumnya ??
    Boleh atau tidak ??
    Dan apakah di terima shalat tahajud kita ??
    kalo bisa jawabannya di sertai dalil serta hadistnya ya untuk memperkuat, dan ngeyakinin kita semua
    Terima kasih sebelumnya

  16. Syd said

    Assalamualaikum
    Solah tahajud itu kan dilakukan setelah tidur, apakah boleh tidurnya itu pada sore hari bukan malam hari?
    Terima kasih atas jawabannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: