Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Rukun Islam

Posted by anurachman pada Mei 6, 2009

Agama islam dapat diibaratkansebagai sebuah bangunan yang mampu menampung banyak orang di dalamnya. Sebagai bangunan yang memayungi banyak orang, islam harus kokoh dan kuat. Kita tentu tahu bahwa bangunan akan menjadi kokoh dan kuat jika ditopang dengan tiang yang kuat pula. Dalam islam, tiang penyangga yang kokoh tersebut adalah Rukun Islam

Hal-hal yang memperkokoh islam terdiri atas lima hal. Kelima hal ini dikenal dengan sebutan rukun islam. Rukun islam ini merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisah-pisahkan. Jika satu saja dari lima rukun islam itu kurang, maka akan goyahlah islam seseorang. Kelima rukun islam itu adalah syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji.

Kelima tonggak utama islam itu juga dijelaskan dalam beberapa hadist berikut:

Rasulullah Muhammad saw bersabda, “Islam ini dibangun di atas lima perkara: (1) Persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan sholat, (3) menunaikan zakat, (4) pergi haji ke baitullah, dan (5) berpuasa pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari Muslim)

Ketika menjawab pertanyaan malaikat Jibril yang bertanya kepada beliau, “Wahai Muhammad! Beri tahukan kepadaku tentang Islam?” Kemudian beliau menjawab, “Islam adalah Engkau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, kemudian Engkau mendirikan sholat, kemudian Engkau menunaikan zakat, kemudian Engkau berpuasa pada bulan Ramadhon, kemudian Engkau menunaikan haji jika mampu.” Kemudian ketika beliau kembali ditanya oleh malaikat Jibril, “Wahai Muhammad! Beri tahukan kepada ku tentang Iman?” Kemudian beliau menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, utusan-Nya, hari akhir dan Engkau beriman pada takdir Allah yang baik maupun yang buruk.” (HR. Muslim)

Dari Ibnu Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Islam dibangun di atas lima (tonggak),: mentauhidkan (mengesakan) Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan hajji”. Seorang laki-laki mengatakan: “Haji dan puasa Ramadhan, “maka Ibnu Umar berkata: “Tidak, puasa Ramadhan dan haji demikian ini aku telah mendengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”.

Dari Thawus, bahwasanya seorang laki-laki berkata kepada Abdullah bin Umar : “Tidakkah Anda berperang?”, maka dia berkata: “Sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah bersabda,‘Sesungguhnya Islam dibangun di atas lima (tanggak): Syahadat Laa ilaaha illa Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan; dan hajji’.

Dengan demikian, jelaslah bahwa Islam itu dibangun diatas lima pilar utama, yang kita kenal dengan rukun islam. Kelima pilar tersebut, berdasarkan hadist diatas adalah:

  1. Persaksian tentang dua kalimat syahadat bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.
  2. Menegakkan sholat.
  3. Menunaikan zakat.
  4. Berpuasa pada bulan Ramadhan.
  5. Pergi haji ke tanah suci jika mampu.

Sebagai umat muslim, kita wajib untuk melaksanakan dan mengamalkan kandungan yang terdapat dalam rukun islam. Karena rukun islam merupakan tonggak tegaknya islam di muka bumi. Jika bukan kita sebagai umat muslim yang menaati rukun islam tersebut, siapa lagi yang akan menjaga tegaknya islam di muka bumi??

About these ads

Satu Tanggapan to “Rukun Islam”

  1. goeskorn said

    salam silaturahmi,….benar sekali …karena dengan rukun islam lah seorang muslim bisa tegak menjadi seorang muslim sejati…seorang muslim tidak mungkin bisa dikatakan sebagai seorang muslim apabila dia tidak bisa menegakkan lima pondasi tersebut…syahadat sebagai pondasi dasarnya sedangkan sholat sebagai tiangnya..dua rukun inilah yang bisa ditinggalkan seorang muslim dalam keadaan apapun, karena puasa, zakat dan naik haji tidaklah wajib dikerjakan apabila seorang muslim tidak mampu melaksanakannya..berbeda dengan sholat, dalam keadaan apapun seseorang wajib mengerjakannya kecuali bila ia disholatkan oleh orang lain…maaf bila terlalu banyak comment..good posting

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: