Aku dan Islam

Perjalanan Mencari Kebenaran Sejati

Persyaratan Pernikahan di Indonesia

Posted by anurachman pada April 30, 2009

Pernikahan adalah suatu proses untuk “mengikat” dua sejoli dalam satu ikatan yang suci, sebagai gerbang membina sebuah rumah tangga. Karena itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pernikahan tersebut sah secara agama dan sah secara hukum. Pernikahan sah secara agama apabila pernikahan tersebut sesuai dengan ajaran agama yang dianut. Sedangkan pernikahan tersebut dikatakan sah secara hukum apabila sesuai dengan hukum pernikahan yang berlaku.

Untuk diindonesia, pernikahan dianggap sah secara hukum apabila sesuai dengan Undang-Undang Pernikahan, yang telah ada. Dalam undang-undang pernikahan tersebut juga disebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pernikahan. Syarat-syarat pernikahan di Indonesia, demi mendapatkan akta pernikahan, adalah:

1. Foto copy bukti pengesahan perkawinan menurut agamanya dengan membawa aslinya

2. Foto copy kutipan akta kelahiran dengan membawa aslinya.

3. Foto copy Kartu Keluarga dan KTP dengan membawa aslinya.

4. Foto copy kutipan akta perceraian atau kutipan akta kematian bagi mereka yang pernah kawin.

5. Bagi mempelai yang berusia di bawah 21 tahun harus ada izin dari orang tua, apabila pada saat pencataan perawinan orang tuanya berhalangan hadir, harus ada surat izin resmi diketahui oleh pejabat yang berwenang

6. Surat izin Pengadilan Negeri bagi calon mempelai di bawah usia 21 tahun, apabila tidak mendapat persetujuan dari orang tua

7. Surat izin Pengadilan Negeri apabila calon mempelai pria di bawah usia 19 tahun dan wanita di bawah 16 tahun.

8. Surat keputusan Pengadilan Negeri yang telah mempunyai kekuatan hukum yang pasti bila ada sanggahan.

9. Surat izin dari Pengadilan Negeri bila ingin berpoligami.

10. Dispensasi Camat apabila pelaksanaan pencatatan perkawinan kurang dari sepuluh hari sejak tanggal pengajuan permohonan.

11. Kutipan Akta Kelahiran Anak yang akan diakui/disahkan dalam perkawinan, apabila ada.

12. Hasil pengumuman yang tidak ada sanggahan.

13. Akta Perjanjian harta terpisah perkawinan apabila kedua mempelai menghendaki dan harus disahkan oleh pegawai pencatat pada Kantor Catatan Sipil.

14. Bagi mereka yang berusia di bawah 21 tahun harus ada izin dari Balai Harta Peninggalan apabila orang tua meninggal dunia dengan melampirkan Akta Kematian orang tuanya.

15. Bagi anggota ABRI surat izin dari komandan.

16. Bagi WNI Keturunan agar melampirkan foto copy :

a. Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia

b. Surat Bukti ganti nama ( bila sudah ganti nama )

17. Bagi WNA melampirkan foto copy :

a. Paspor

b. Dokumen Imigrasi

c. Surat tanda Melapor Diri ( STMD )

d. Surat Izin dari Kedutaan/perwakilan dari negara Sahabat, khusus Taiwan dari Kamar Dagang dan negara-negara yang lain yang tidak mempunyai perwakilan harus ada rekomendasi dari Departemen Luar Negeri c.q. Dirjen Protokol dan Konsuler.

18. Pas foto berdampingan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar.

19. Dua orang saksi yang memenuhi persyaratan.

Hal-Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan:

  1. Kantor Catatan sipil melayani Pencatatan Perkawinan bagi mereka yang telah melangsungkan perkawinan menurut hukum dan tata cara Agama selain Agama Islam, atau tanda telah mendapat pemberkatan atas perkawinan menurut agama yang dianut.
  2. Sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan adalah usia 19 tahun bagi pria dan usia 16 tahun bagi wanita.
  3. Apabila Anda melangsungkan perkawinan dalam usia di bawah 21 tahun harus sendapat ijin dari orang tua. Dan apabila masih di bawah 19 tahun bagi pria dan di bawh 16 tahun bagi wanita, maka harus mendapat Dispensasi dari Pengadilan Negeri.

(dimuat di sekeluarga.com)

About these ads

19 Tanggapan to “Persyaratan Pernikahan di Indonesia”

  1. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin :D

    • anurachman said

      wa’alaikum salam warahmatullah
      kenapa tidak… :D
      saya sudah menambahkan blog anda pada link di blog saya

  2. Wati said

    Ass…wr..wb
    Apakah ada form di Keluarahan atau kantor KAU yang harus diisi? kalau ada apa saja daftar isiannya? mohon diinformasikan. Terima kasih.
    Wass…
    Wati

  3. Wati said

    maaf maksudnya kantor kelurahan dan KUA

  4. farit said

    bagaimana jika seorang waraga negara asing yang di pergoki berduaduaan dgn wanita pribumi di suatu desa (yg hukum adatnya menerapkan harus di nikahkan jika terjadi hal tersebut). sementara negaranya tidak memiliki hubunga kerja denga Indonesia…??

  5. Chandra said

    selamat malam, saya ingin menambahkan wawasan saya tentang pernikahan.
    mungkin dari anda – anda memiliki pengetahuan yang dapat di”tular”kan kepada saya.
    saya ingin bertanya, bagaimana dengan pernikahan yang berlainan agama antara mempelai pria dan wanita.

    adakah syarat khusus untuk hal tersebut? dan bagaimana kelangsungan prosesnya.
    terima kasih

  6. Saya takjub dengan website anda, walaupun ini merupakan kunjungan perdana saya, namun artikel yang anda bahas membuat saya tertaik untuk menjadi pembaca setia, apabila diijinkan, saya ingin menggunakan web anda menjadi sumber artikel saya mengenai pernikahan, dan saya akan segera membacklink tulisan ini. Semoga berkenan, terimakasih.

  7. Augustinus Pangaribuan said

    bagaimana status pernikahan (non Islam) yang dilakukan dengan Pemberkatan di gereja (Akte Kawin dari Gereja) tanpa dicatatkan di catatan sipil ? dan bagaimana status untuk warisan atas harta bawaan yang ada dari suami yang meninggal dengan keadaan status seperti di atas dan lamanya perkawinan hanya baru 5 bulan dan tanpa ada keturunan (anak) ?

  8. yulia said

    susahkah untuk m’ngurus surat2 pernikahan di kedutaan taiwan

  9. Rony susanto said

    Saya ingin tanya bagaimanakah tata cara menikah Di Indonesia harus ke RT/RW dulu lalu ke kelurahan atau gimana?trus harus membawa apa saja dokumen persyaratan nya?

  10. hery said

    assalamualaikum..
    apabila syarat semua dipenuhi itu langsung kita ajukan ke KUA..apakah saudara tau biaya untuk administrasi di KUA secara resmi?trus penghulu itu dari luar bole ato tidak..makasi..wassalam

  11. faleza said

    mau nanya mas klu nikah beda provinsi pengurusannya gmn ya?

  12. Slamet said

    Boleh ga Q nwarin tukeran link, ya harus Q akui link webQ ni web jualan herbal…
    Bukan bermaksud promosi atau apa, tapi katane kalo tukeran link bisa nikin index gtu…

    Terimakasih sebelumnya.. :)

  13. sisca said

    saya mau tanya surat apa saja yang harus disiapkan bila laki laki taiwan menikah dgn wanita indonesia.baik laki laki maupun perempuan.terimakasih atas jawabannya.saya sisca ditaiwan ingin menikah dgn pria taiwan

    • ridho said

      Mba Sisca,apa Anda sudah menikah dgn pria Taiwan? Mohon di share laju perjalanannya saat mengurus surat-surat dan persyaratan. Harus kemana dan siapa? Saat ini,kakak perempuan saya jg ingin di nikahi pria Taiwan, sebelumnya terimakasih…

  14. kur2... said

    saya mau menikah denag seorang wanita, akan tetapi status dia janda… tp surat cerai yg dia miliki hilang.. apakah ada dasar hukum yg mengatur ttg pembuatan duplikat surat cerai…. matur nuwun…

  15. AmirTumiran said

    Assalammualaikum..
    sy sahabat dr Malaysia ingin mengemukakan persoalan sekiranya saya ingin bernikah dengan wanita dr Indonesia bgaimana ka harus dipersiapkn soalnya dr segi persuratan dan hal2 yg berkaitan…
    Jika dr Malaysia apa ka yg perlu saya siapkn dr segi dokumentasinya dn bgaimana pula urusannya setibanya di sana..

  16. limston said

    salam kenal om….saya mw nanya kenapa persyaratan untuk pengurusan surat nikah bagi pasangan yg non muslin sangat banyak dan seolah2 dipersulit???
    terimakasih….

  17. Rina said

    Assalamu’alaikum admin… Saya mau tanya bagaimana cara seorang pria berkebangsaan Taiwan yg ingin menikahi WNI ? Apa saja syarat dan surat yg harus di persiapkan untuk si pria? Harus kemana dan kemana mengurusnya,dan berapa kira-kira biaya yg harus di persiapkan? Mohon maaf,apabila pertanyaan saya terlalu banyak. Terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: